Jumat, 18 April 2008

REVOLUSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



Revolusi Industri ke Revolusi Informasi

Revolusi industri terjadi pada abad 20 dimana terjadi peralihan secara besar – besaran dari tenaga manusia ke tenaga mesin.

Akibat dari revolusi industri :

1. Banyak hal yang mengalami perubahan

2. Petani berkurang

3. Buruh mulai bertranformasi menjadi seseorang yang lebih memiliki skill

4. Membawa kemajuan & membuat hidup manusia lebih muda dan cepat

Revolusi informasi dipacu oleh:

1. Teknologi Informasi

2. Komunikasi

3. Koordinasi

Tujuan Revolusi Informasi

Terjadinya transformasi kemasyarakatan menuju ketingkat yang lebih baik dibanding sebelumnya disegala bidang

Alasan Menggunakan Teknologi Informasi

Cara manual sudah tidak lagi efektif dijaman sekarang, karena jaman sekarang menuntut cepat dan tepat. Dan untuk mencapai itu hanya bisa dilakukan dengan baik oleh komputer

Perkembangan Teknologi & Informasi

1. Perkembangan pesat jaringan internet

2. Kemajuan telekomunikasi

Manfaat Revolusi Teknologi & Informasi

1. Memudahkan komunikasi

ex : Dulu jika seseorang ingin memesan barang dari luar negeri harus melalui surat atau titip teman yang berkunjung kesana, sekarang cukup dengan “mengklik” saja dari layar monitor, kita sudah bisa membeli barang dari toko yang jaraknya sangat jauh dari kita.

2. Membuat kehidupan kita lebih mudah

ex : Rumah masa depan adalah rumah yang berbasis IT dalam artian seluruh komponen rumah tersebut terhubung dalam suatu jaringan, seakan – akan rumah tersebut hidup & mengetahui penghuninya.

3. Teknologi informasi membuka peluang kerja

ex : anda tidak perlu bekerja dikantor, cukup mendesain sebuah game atau membuat program & script, serta duduk didepan komputer, didalam kamar saja anda akan mendapatkan uang apabila game atau program & script anda laku dan diminati banyak pengguna.

Dampak Revolusi Informasi

Peter Drucker dlm sebuah artikelnya berjudul “Beyond The Information Revolusion The Atlantic Monthly” edisi oktober 1999, mungkin bisa memberikan gambaran yang tepat apa sebenarnya arti paling mendasar & dampak yg ditimbulkan oleh revolusi informasi. Menurut Drucker, jaringan internet merupakan pokok utama bagi distribusi saluran barang, jasa, dan secara mengejutkan juga pekerjaan – pekerjaan manejerial & profesional. Tetapi ndampak yg diakibatkan juga mungkin lebih besar akan terjadi pada masyarakat , politik dan diatas segalanya, dalam perjalanannya terhadap bagaimana kita melihat dunia dan diri kita didalamnya.

Tidak ada komentar: